Langkahkan Kakimu

Posted: September 8, 2013 in Uncategorized

image

Lima orang remaja tanggung usia (tidak termasuk saya) memasuki lobi salah satu rumah sakit legendaris di kota Malang, Panti Nirmala. Niatan mereka untuk menjenguk kakak dari teman yang mendadak terkena sesak nafas dan harus diopname.

Ada sedikit senyum ketika sampai di pintu lift. Di atasnya terdapat sebuah catatan yang terkesan seperti sentilan, Naik Lift Memang Nikmat tapi Lewat Tangga Lebih Sehat. Apalagi, letak tangga memang tidak jauh, tepat di sebelah lift. Sepertinya rumah sakit ini sengaja membuat bimbang para pengunjungnya. Tapi, what a not surprise.. Kami akhirnya lebih memilih lift daripada tangga dan diikuti oleh beberapa pengunjung lainnya.

Naik tiga lantai terasa lama karena merenungkan sentilan tadi. Ada rasa bersalah pada diri sendiri karena mengabaikan kata “sehat”.. Sesuatu yang sangat diperlukan manusia tetapi seringkali pula diremehkan. Juga kepada anak-anak tangga. Kalau mereka makhluk hidup, mungkin akan marah, membanting meja, membalik baju, serta mengunyah genteng rumah karena kecewa, merasa useless..

Jadi ingat.. Dulu jaman dimana Tuhan dekat dengan manusia lewat nabi-nabinya, mereka memiliki umur panjang hingga ratusan tahun. Mungkin karena dulu kemana-mana harus jalan kaki bahkan hingga puluhan atau ratusan kilometer.

Bukan rahasia umum kalau banyak berjalan kaki akan memperpanjang hidup anda. Kakek saya hingga usia 75 tahun masih bisa naik turun atap rumah, menghantam tembok dengan paku dan martil karena waktu muda senang berjalan kaki. Beda dengan saya, sepagian ini hidung tersumbat. Pilek cuma gara-gara hawa yang sedikit dingin..*tolet-tolet ingus di dinding*

…akhirnya, kelima pemuda harapan bangsa tersebut mengakhiri kunjungan mereka. Hari sudah malam, perut-pun terasa lapar. Dan mereka kembali memilih lift untuk turun ke lantai dasar Panti Nirmala.. Demi kepiting rebus.. Dimana rasa bersalahmu tadi, anak muda??!!

Sehat itu memang pilihan. Mudah, tetapi sangat sulit untuk dilakukan.

Advertisements
Comments
  1. annaratna says:

    Sepertinya mengenal beberapa remaja tanggung itu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s