I’m done..

Posted: May 2, 2018 in Uncategorized
Tags: , , ,

no-facebook-me

Pernah merasa putus asa tapi tetap melakukan apa yang bikin kamu nggak karu-karuan rasanya? Begitulah kalau main Facebook di jaman sekarang.

Duluuu, sekitar lima-sepuluh tahun lalu, ketika wajah masih kencang tanpa keriput, dan rambut masih hitam legam, berkibar-kibar ketika tersapu angin di pinggiran Sendang Biru, Facebook adalah media sosial yang sangat menyenangkan. Bersilaturahmi dengan teman-teman lama sampai baru yang kamu nggak kenal itu siapa, tapi semuanya asik-asik saja. Berbagi foto hingga ratusan lembar, saling berbalas komentar yang memanjang hingga ratusan adalah hal biasa.

Tapi sekarang Facebook kok semakin parah, ya?

Terutama setelah perusahaan punya pria berinisial MZ mengaktifkan fitur berbagi berita. Boom! Langsung saja orang-orang berlomba bikin situs berita, kemudian membuat cerita dengan judul yang menghebohkan. Lalu ada banyak orang yang terpancing dengan kantor berita nggak kredibel, xxxx.alamatblog.com.. D’oh!

Media yang sudah punya nama pun juga nggak mau ketinggalan. Beritanya sih biasa-biasa saja, tapi yang bikin judul tampaknya punya nilai A+ untuk mata kuliah ‘Bikin Judul yang Menarik, Clickbait, dan Bikin Orang Terkagum-Kagum Tanpa Perlu Baca Beritanya.‘ Dilengkapi dengan fitur komen, setiap pengguna Facebook pun akhirnya jadi ahli dadakan. Saling debat nggak ada ujung karena bisa memojokkan tanpa khawatir kena pukul hidungnya. Ketika tersudut, keluarlah kata-kata hinaan yang nggak mutu.

Lalu ada masalah lain. Orang makin sensitif dengan apa pun yang dilakukan teman-temannya. Unggah foto saja kadang salah kaprah, katanya narsis. Padahal yang bilang narsis juga masih sering unggah-unggah foto sendiri.

Terakhir, yang akhirnya bikin nggak lagi berpikir dua kali untuk deactivated akun adalah bertebarannya video yang sebenarnya bikin eneg, tapi rasa penasaran mendorong untuk menikmatinya. Dulu, fitur video itu nggak laku karena yang dilihat adalah kegiatan teman-temannya. Sekarang? Wah, jangan ditanya. Dari video persekusi di CFD yang baru-baru ini terjadi, orang tabrakan atau alami kecelakaan sampai tubuhnya terpotong-potong, hingga fitur Live yang bikin bingung karena justru lebih banyak nggak asiknya ketimbang ngasih manfaat dalam berteman.

Akhirnya diputuskan bahwa Facebook nggak bisa lagi diandalkan untuk memberikan kehidupan yang lebih tenang. Ya sudah, matikan saja akunnya, meski bakal menyesal nanti karena nggak lagi bisa ikutan lelang Hot Wheels.

Ini sudah hari kedua.. Masih ada rasa kehilangan karena nggak lagi bisa melihat hal-hal yang biasa dilihat di sana. Tapi percaya saja bahwa tanpa Facebook, hidup bakal lebih tenang. Itu hanya soal waktu. Seperti Thanos yang akhirnya berhasil mengumpulkan batu-batu akik dari berbagai penjuru semesta dan menikmati impiannya, yaitu memandang matahari tenggelam dari balik gubug yang ada di tengah-tengah sawah.

Eh.. kok spoiler, sih?

Per**setan dengan media sosial!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s